Dalam Rangka memaksimalkan peran sistem kearsipan pada Pemerintah Daerah melalui pemahaman akan komponen sistem kearsipan, tujuan, desain kearsipan dan akses kearsipan, tujuan desain kearsipan, struktur arsip dan akses, autentifikasi Arsip dan sistem kearsipan Elektronik.Pemerintah Daerah diharapkan dapat memahami mekanisme pelaksanaan kearsipan, untuk kami menyelenggarakan kegiatan bimbingan teknisNasional bagi Pemerintah Daerah terkait pengelolaan kearsipan.
1. Manajemen Kearsipan
2. Penyelenggaraan Kearsipan, Pengelolaan Arsip Dinamis dan Arsip Statis
3. Autentifikasi Arsip
4. Manajemen sistem arsip dan elektronik
BEBERAPA MATERI BIDANG KEARSIPAN
1. Manajemen Kearsipan Dan Pengelolaan Pusat Arsip (Record Center)
2. Manajemen Kehumasan di Instansi Pemerintah
3. Korespondensi dan Tata Naskah Dinas berdasarkan Permendagri Nomor 54 Tahun 2009 dan Nomor 55 Tahun 2010
4. Manajemen Keprotokolan dan Master Of Ceremony (MC) sebagai wujud Peningkatan Wawasan, Keterampilan dan Pengetahuan Bagi Humas, Protokol dan Master Of Ceremony ( MC ) di Daerah.
5. Manajemen Pengelolaan Arsip Daerah, Tata Naskah Dinas Dan Sistem Akuntabilitas Kerja Instansi Pemerintah (Sakip) Berdasarkan PERPRES No. 29 Tahun 2014
6. Diklat Korespondensi dan Tata Naskah Dinas dilingkungan Aparatur Pemda, Sekretariat DPRD Provinsi, Kabupaten Dan Kota
7. Diklat Adminstrasi Kearsipan
8. Bimtek E-Document untuk menunjang kinerja Institusi Pemerintahan
9. Bimtek Kearsipan Elektronik (E-Filling) Bagi Institusi Pemerintahan